WMI : “Stop Festival Korupsi Di Indonesia”

WMI meminta agar Stop Festivalisasi Korupsi oleh para pejabat publik Indonesia. Masyarakat internasional akan menonton festival korupsi di indonesia, bukan merayakan hari anti korupsi. (9/12/2020)

wahnamudaindonesia.org, Jakarta – Tanggal 9 Desember diperingati sebagai hari Anti Korupsi Sedunia, tahun ini bertepatan dengan Pilkada Serentak 2020. Handriansyah Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI) dalam menyambut peringatan hari anti korupsi internasional 9 Desember 2020 ini “kami mengingatkan agar para penegak hukum, POLISI, Jaksa, Hakim, Tentara dan Aparat Sipil Negara di Kementrian/Lembaga, Pemda, Partai Politik dan sektor swasta tidak melakukan Korupsi, karena perbuatan atau tindakan mereka adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. WMI ingin menjadi bagian yang aktif dalam pembangunan sektor kepemudaan, mencerdaskan anak muda dalam kehidupan bangsa yang bebas dari praktek koruptif”, ungkap Handrian (9/20).

“WMI prihatin manakala publik internasional menyorort dan menonton festival korupsi di indonesia, yang dilakunan di K/L, Pemda dll  bukan merayakan hari anti korupsi, beberpa waktu lalu kita melihat festival penangkapan koruptor dari kementrian, lembaga dan pemda, menendakan rendahnya komitmen anti korupsi para penyelenggara negara/pememrintaha”, jelas Handriansyah.

Peran edukasi dan sosialisasi anti korupsi sangat penting bagi generasi muda indonesia. Sesuai koridor hukum UU kepemudaan, WMI mendorong adanya program pelayanan yang prima pada sektor kepemudaan terkait penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, serta kepeloporan pemuda yang bebas dari tindakan korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menlihat  momentum ini  sebagai upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalh kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara luar biasa. KPK mengimbau setiap lapisan masyarakat untuk memanfaatkan momentum Hari Anti Korupsi Sedunia ini. Tujuan pelaksanaan Hari Anti Korupsi Sedunia 2020 ini adalah:

1. Memberikan gambaran perkembangan kegiatan yang telah dilakukan Kementerian/Lembaga, Pemda, Partai Politik, Sektor Swasta termasuk masyarakat sipil dalam mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.

2. Memperkuat komitmen dan kerja sama antara K/L, Pemda, Partai Politik, sektor swasta, serta organisasi masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

3. Memperluas keterlibatan masyarakat dalam mensosialisasikan nilai-nilai anti korupsi sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan menorong keterlibatan masyarakat dalam mencegah korupsi.

4. Mendapatkan gambaran rencana tindak lanjut ke depan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di instansi/sektor masing-masing.

Konsep dan bentuk pelaksanaan rangkaian kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2020 di K/L dan Pemda diserahkan sepenuhnya pada kebijakan, anggaran, dan kesiapan masing-masing K/L dan Pemda. Tema yang diambil KPK dalam Hari Anti Korupsi Sedunia 2020 ini adalah “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi”. Puncak acara Jari Anti Korupsi Sedunia akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada Rabu (16/12/2020) di Gedung Merah Putih KPK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *