WMI SOLOK RAYA : “Penaggulangan Banjir Bandang Talang Babungo”

Pembangunan Jembatan Darurat oleh Relawan WMI dan Warga di Padang Laweh Talang Babungo Kabupaten Solok Sumatera Barat (05/07)

SOLOK SUMBAR (04/07/20) – Intensitas hujan yang tinggi dan mengakibatkan banjir bandang di Nagari Talang Babungo, Kabupaten Solok Sumatera Barat dini hari (04/07). WAHANA MUDA INDONESIA (WMI) Solok Raya menerjunkan Team yang terdiri atas Tim RESCUE & Tim MEDIS melakukan Giat di lokasi bencana, ungkap ketua WMI Solok Raya Ir. Irwan. Kami telah menerjunkan team advance untuk melakukan asessement di Tempat Kejadian, ada beberapa point yang akan kami tindaklanjuti di lapangan, jelas ketua WMI Solok Raya.
POS OPS WMI Solok Raya Penanggulangan Bencana Padang Laweh Talang Babungo Kabupaten Solok Sumatera Barat
Ir. Irwan menerangkan “hasil asessment ada beberapa lokasi yang perlu bantuan relawan dan team medis, langkah awal adalah menentukan POS OPS untuk berkoordinasi dengan aparatur setempat dan mengkoordinir program penanggulangan bencan di lokasi para relawan WMI. Team WAHANA MUDA INDONESIA (WMI) melalui WMI Cabang Solok Raya melakunan giat pasca banjir seperti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, giat membersihkan rumah ibadah dan rumah warga serta membangun jembatan darurat.”
Ir. Irwan Ketua WMI bersama Team SAR melakukan Asessement di lokasi kejadian bencana untuk mengeksekusi program (04/07)
Warga sangat antusias mengikuti program pemeriksaan kesehatan di POS OPS WMI oleh team medis yang ikut terjun langsung ke lokasi. Selain itu ada beberpa paket bantuan yang dibagikan kepada warga penyitas berupa pakaian layak pakai dan sembako. Relawan WMI juga melakukan sosialisasi protokol penanganan penyebaran covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan tempat ibadah yang tidak terdampak banjir.
Relawan Medis Melakukan Giat Pemeriksaan dan Pengobatan gartis bagi para penyitas banjir bandang
Beberapa rumah yang terdampak juga di lakukan pembersihan oleh relawan WMI, asessment tem advance merekomendasikan membangun jembatan darurat karena jembatan ambruk, butuh pengganti karena sangat dibutuhkan warga.  WMI Solok Raya bersama Ketua Kaum menginisiasi Jembatan darurat dari bahan Bambu sebagai pengganti dari Jembatan Permanen yang rusak berat akibat hantaman Banjir Bandang yang menimpa Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok – Sumatera Barat pada Sabtu dini hari tgl 4 Juli 2020 Pkl. 03.00 BBWI.
Team RESCUE dan relawan WMI melakukan giat evakuasi dan pembersihan material longsoran yang menimpa rumah warga.
Jembatan ini dibangun mengingat kebutuhan warga yang sangat tinggi, karena puluhan rumah, sawah serta ladang warga yang berada didalamnya sangat bergantung pada akses jembatan tersebut. Ketua Kaum sangat berterimakasih kepada relawan WMI atas inisiasi pembangunan jembatan darurat sehingga dapat memudahkan mobilasasi warga kampung untuk berkativitas seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *