WMI dan Lintas Komunitas Peringati Hari Sampah Nasional

Wahana Muda Indonesia Menggelar Hari Peringatan Sampah Nasional 2021 di Jember Jawa Timur (21/2/21)

wahanamudaindonesia.org., Jember, 21/02/21 Peringatan Hari Sampah nasional  (PHSN) Wahana Muda Indonesia (WMI) di laksanakan atas inisiasi WMI Jember Jawa Timur. WMI sangat concern dengan isue dan penangnan sampah sangat penting melalui PHSN ini adalah upaya untuk kembali menggugah kesadaran dari seluruh pihak. Penanganan sampah harus memakai pendekatan yang konfrenhensip seperti sungai dari hulu sampai hilir. Agenda susur sungai ini untuk memastikan spot-spot Masalah dalam penanganan sampah, juga mitigasi bencana.

Agenda Rutin Susur Sungai WMI di beberapa Aliran Sungai di Indonesia, Seperti di sungai ciliwung Bogor, Depok dan Jakarta

Fusliyanto S.Pd., M.Pd. Pembina Wahana Muda Indonesia, mengikuti prosesi peringatan Hari Peduli sampah Nasional. Acara dilanjutkan dengan susur sungai untuk penanaman pohon bersih-bersih sungai dan bantaran. Peserta juga di beri pelatihan Search And Rescue (SAR) yang di laksanakan Lintas Komunitas di Jember.

Dalam amanatnya kepada ketua WMI Jember Cak Fus mengingatkan “tahun 2021 ini Indonesia memasuki fase angkatan baru, dimana generasi muda lebih banyak jumlahnya di Indonesia, bonus demografi hampir 55% penduduk Indonesia adalah angkatan muda, hal ini problem/tantangan sekaligus peluang”

Peserta Peringatan Hari Sampah Nasional Komunitas Lingkungan di Jember (21/02/21)

Cak Fus selaku pembina Wahana Muda Indonesia, menekankan kaum muda harus bersiap diri, Peringatan Hari Sampah Nasional dan pelatihan SAR ini meletakan dasar penting terkait survival, pengetahuan dan pertolongan atau dalam tagline WMI Aktif, Cerdas dan Peduli. Kita harus berani melakukan sirkulasi dan regenerasi kaum muda untuk melahirkan kepemimpinan baru.

Bersama Lintas Komunitas Aktivis Lingkungan Jember dalam Peringatan Hari Peringatan Sampah Nasional (21/02/21)

Hartanto ketua WMI Jember menyampaikan saat ini WMI Jember fokus pada isue dan aksi kecil terkait Sosial, Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup, atas bimbingan dan konsultasi dengan pembina dan Pengurus Pusat WMI. Semoga kita bisa memulyakan manusia dan alam agar kita senantiasa bisa dan terbiasa merawatnya sehingga menjadi heritage atau warisan bagi dunia atau generasi penerus selanjutnya. Dalam Kegiatan Susur sungai ini lintas komunitas melakukan edukasi Eco-Enzyme, sebuah enzym yang berasal dari bahan alami yang memiliki dampak luarbiasa dalam kehidupan.

Salam W M I
Aktif, Cerdas, Peduli
Salam Tangguh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *