Program Ketahanan Pangan : ” WMI Lakukan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani”

Pengemasan hasil panen timun kelompok tani binaan Wahana Muda Indonesia di cibadak kabupaten sukabumi Jawa Barat (11/07)

WMI.ORG Cibadak – Sukabumi (Selasa, 11.07.2020). Proses transisi pemulihan pandemik covid-19 memerlukan sinergi dan kolaborasi semua pihak. Hal tersebut di ungkapan Hendra Zulhijah sebagai Direktur Badan Usaha Milik Yayasan (BUMY) Wahana Muda Indonesia (WMI) yang juga sebagai Ketua Umum Koperasi Turus Karya Mandiri. “Saat ini hasil panen dari sukabumi di kirim ke pasar induk Tanah Tinggi tangerang, sebenarnya masih sangat jauh dari kuota baru terisi setengah nya dari jabar,banten dan Tangerang,” ungkap Hendra

 

Hendra Zulihijah sedang mengawasi proses pengemasan hasil panen timun kelompok tani Turus Karya Mandiri Cibadak (11/07)

“WMI melakukan pendampingan atau sosio enginering melalui Koperasi Turus Karya Mandiri secara kelembagaan. Target jangka menengah, pasar modern dan lapak sayur segar, Target jangka panjang,memenuhi kebutuhan export ke Jepang dan Korea. Semakin banyak kelompok binaan, otomatis akan menjamin mata rantai supply komoditas nya” Lokasi pendampingan berada di Kampung Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi jawa barat. Hal ini sebagai ikhtiar kami bersama seluruh komponen masyarakat selama masa transisi pandemi covid-19, dengan program WMI ini dirancang agar menuju era Normal Baru diharapkan warga yang tergabung dalam Koperasi pertanianya semakin tumbuh dan mengkat usaha tani secara mandiri” ungkap Hendra secara gamblang.

Panen Timun Bersama Bhabinkamtibmas Cibadak Brigadir Sandi Praja Dalam rangka menjalin kemitraan yang erat dengan semua potensi masyarakat serta dukungan Polri Program Ketahanan Pangan Pemerintah (11/07)

Pendampingan juga bersinergi dengan seluruh pemangku lingkungan seperti Babinsa Kelurahan Cibadak Serka Herman, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta Para petani sebagai mitra atau Binaan Bhabinkamtibmas. Secara rutin Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sambang dan kemitraan dengan petani dalam rangka mendukung program Binmas Pioneer dan mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan dan dalam rangka Lumbung Pangan Lembur Tohaga Lodaya. Dalam kegiatan Binmas Pionerr ini ikut panen mentimun yang merupakan hasil binaan dari Bhabinkamtibmas untuk mengembangkan budidaya tanaman sayur organik.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau terkait peningkatan peran warga dalam membantu Polri di bidang pemeliharaan kamtibmas, Meningkatkan kewaspadaan di sekitar lingkungan area persawahan, terutama parkir ranmor yang sedang di tinggal bekerja agar dipasang kunci ganda,dan parkir pada tempat yang aman Dalam silaturahmi tersebut juga menyampaikan sosialisasi new normal, agar masyarakat dan petani tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid19, selain itu disampaikan pula agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan guna menciptakan situasi damai,aman, serta kondusif dalam pilkada kabupaten sukabumi 2020.

Kegiatan Binmas Pionner ini sebagai wujud dan penjabaran dari Nawa Cita Pemerintah dalam hal ini adalah Polri bisa hadir di tengah masyarakat memberikan rasa aman untuk mewujudkan sikon kamtibmas yang kondusif.

 

Lokasi Lahan Program Ketahanan Pangan yang di kelola oleh kelompok Tani Binaan WMI di Cibadak Sukabumi Jawa Barat

Tausiah Syukuran Perdana di isi oleh Dai Ust Dede Komarudin atau lebih di kenal dengan nama Kiyai Aang yang merupakan tokoh ulama dan anggota MUI Sukabumi Kota. Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa dan Ketua Kelompok Tani Turis Karya mandiri sedang menghadiri panen mentimum hasil petani yang mana keuntungannya mereka sisihkan untuk santunan. “Santunan kepada 30 Jompo Dan 30 Yatim Piatu warga ekarwangi Rw 28, hasil Keuntungan Penjualan timun sebagai Rasa Syukur Kepada Allah SWT Karena Panen timun Kali Ini Melimpah dan di lanjutkan dengan makan bersama para jompo dan yatim piatu,” kata Hendra ketua poktan turus karya Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *