WMI RESPON SEMERU

Lumajang – sesaat setelah terjadinya Erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021, selain menurunkan Personil SAR, WAHANA MUDA INDONESIA (WMI) juga menurunkan Tim Disaster dimana Tim ini bekerja memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pendampingan terhadap penyitas / warga Terdampak erupsi dan banjir lahar

Tim Disaster yang diturunkan pertamakali adalah Para Relawan WMI Cabang Jember – Jawa Timur yang merupakan wilayah terdekat dari Semeru karena berdekatan dengan Kabupaten Lumajang.

Dengan mengambil Lokasi POS OPS di Dusun Bulak Manggis, Desa Sumberrejo, Kec. Candipuro, Tim bergerak kesejumlah wilayah mendistribusikan bantuan logistik berupa makanan siap saji, Pakaian, Selimut, pembalut, Pampers, dan lainnya.

Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat erupsi Gunung Semere mencatat, sebanyak 10.400 warga mengungsi di 406 titik pengungsian pada hari ini, Senin (20/12), pukul 18.00 WIB. Sebagian besar warga mengungsi di dalam wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Titik pengungsian masih terpusat di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Candipuro 21 titik dengan 4.645 jiwa, Pasirian 17 titik 1.732 jiwa dan Pronojiwo 4 titik 1.077 jiwa. Pos Komando (Posko) Penanganan Darurat Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru terus memutakhirkan data warga mengungsi. Selain terpusat di tiga kecamatan, sebaran titik pengungsian lainnya berada di wilayah Kabupaten Lumajang, seperti Sumbersuko, Pasrujambe, dan Lumajang.

Titik pengungsian di luar Kabupaten Lumajang teridentifikasi di Kabupaten Malang 9 titik dengan total 341 jiwa, Blitar 1 titik 20 jiwa, Probolinggo 1 titik 11 jiwa dan Jember 3 titik 13 jiwa.

Post Comment

Your email address will not be published.